Home Breaking News Kreator di Balik Hadirnya Mitsubishi Xpander AP4 Concept

Kreator di Balik Hadirnya Mitsubishi Xpander AP4 Concept

JAKARTA | Otorai.com – Mitsubishi Xpander AP4 muncul mengejutkan pada ajang Telkomsel IIMS 2019, bagaimana tidak, mobil MPV ini telah menjadi magnet baru bagi para pengunjung yang penasaran ingin melihat tampilan baru berkonsep mobil rally yang siap membelah rintngan.

Siapa sangka, keberadaan Xpander AP4 ini merupakan sinergi antara PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dengan pereli nasional sekaligus product ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, yaitu Rifat Sungkar.

Budi D Daulay, selaku Deputy Group Head of Sales and Dealer Management Area 1 PT MMKSI mengatakan, bahwa ide menghadirkan Mitsubishi Xpander AP4 berasal dari Mas Rifat. Secara produk, dia mengetahui teknis dan kapabilitas mengenai Mitsubishi Xpander ini, apakah mumpuni di ajang motorsport.

“Rifat merupakan anak bangsa, semua yg dikreasikan baik itu ide, rancangan dari sisi teknis, semua benar-benar dilakukan oleh Rifat. Karena memang beliau sudah paham luar dalam Mitsubishi Xpander dan regulasi rally,” ungkapnya.

Mewujudkan Mitsubishi Xpander AP4 bukanlah hal yang mudah dan sebentar. Meskipun terlihat sudah matang akan persiapan, namun menurut Intan Vidasari selaku Deputy General Manager of Coordination & Development Office PT MMKSI, bahwa perumusan tersebut sudah memakan waktu yang cukup panjang hingga benar-benar terbentuk seperti sekarang.

Bahkan, project Mitsubishi Xpander AP4 ini juga seperti melanjutkan kiprah model Pajero Sport yang telah lebih dulu menjadi pacuan balap Rifat di Speed Offroad.

“Diskusinya cukup panjang untuk menghasilkan Mitsubishi Xpander AP4 ini. Dulu itu Rifat juga kita sponsori untuk ikut Speed Offroad dengan menggunakan Mitsubishi Pajero Sport. Kalau sekarang, apa iya kita menggunakan Mitsubishi Xpander untuk speed offroad? Sehingga ini akan digunakan untuk balap rally,” tambah Intan Vidasari.

Sementara, Rifat Sungkar, sebagai sosok dibalik layar terciptanya Project Mitsubishi Xpander AP4 ini, juga menceritakan bagaimana dirinya sampai bisa benar-benar membuat Xpander AP4 ini siap menjadi mobil balap yang kompetitif di atas lintasan rally.

“Mobil ini memang MPV, tapi memiliki sasis dan karakter Mitsubishi Evo sehingga saya merasa mobil ini memiliki karakter yang pas untuk dijadikan mobil rally AP4. Di mana dalam ajang rally ini, kendaraan yang digunakan yaitu kendaraan yang dijual secara masal. Oleh karena itu, Xpander ini sangat memungkinkan untuk dimodifikasi dan turun di ajang balap rally,” imbuh Rifat Sungkar.

Mengenai wujud yang saat ini beredar, dikatakan pihak MMKSI tampilan tersebut bukan wujud aslinya. Untuk tampilan aslinya akan dipersembahkan oleh MMKSI dalam gelaran GIIAS yang akan digelar beberapa waktu mendatang. (rhs)