Home Breaking News Mencicipi Avanza Teranyar di Lintasan Trans Jawa

Mencicipi Avanza Teranyar di Lintasan Trans Jawa

SHARE

JAKARTA | Otorai.com – Sukses mengaspal pertengahan Januari lalu, Otorai diberi kesempatan oleh PT Toyota Astra Motor untuk menguji ketangguhan dan kenyamanan New Toyota Avanza dan New Veloz dilintasan trans jawa.

Perjalanan test drive bertajuk Journalist Test Drive (JTD) New Avanza dan New Veloz dilakukan pada 3 hingga 4 maret 2019, sebanyak 6 unit Avanza teranyar digunakan bersama jurnalis dari berbagai media dengan rute Cirebon-Semarang-Yogyakarta selama 2 hari.

Hari pertama perjalanan menggunakan New Veloz bertransmisi otomatis dimulai Stasiun Kereta Api Cirebon menuju lokasi makan siang bersama para jurnalis media otomotif di Lawangrasa Resto yang terletak di kawasan Jalan Raya Cirebon-Kuningan tepatnya di Kondangsari, Beber Cirebon, Jawa Barat.

Selesai santap siang, kami bersiap menuju Kota Semarang. Perjalanan menuju ibukota Provinsi Jawa Tengah ini merupakan perjalanan terpanjang dari seluruh rangkaian perjalanan test drive kami.

Memasuki gerbang Tol Ciperna Utama di Kota Cirebon kami langsung merasakan ruas-ruas jalan tol menuju Kota Semarang yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa dengan panjang totalnya 870 km.

Jarak tempuh Cirebon-Semarang hampir sepanjang 220 km atau sekitar 3 jam waktu perjalanan melewati ruas-ruas jalan tol Trans Jawa, merupakan pengalaman tersendiri bagi bagi kami untuk memacu New Veloz yang telah mendapat sentuhan improvement dan kini tampil beda dengan pendahulunya.

Kami puas bisa langsung mengeksploarsi berbagai kelebihan New Veloz yang telah mengalami ubahan mendasar yang juga cukup signifikan sehingga hadir sebagai sebuah low-MPV yang nyaman, aman dan tangguh untuk dikendarai pada berbagai tantangan medan.

Toyota memang sukses melakukan improvement pada bagian rangka dan kaki-kaki dengan menyempurnakan coil spring dan shock absorber pada kendaraan ini sehingga lebih stabil dan nyaman.

Tidak hanya itu, disematkannya Electric Power Spring membuat mobil ini lebih enak dikendarai, baik dalam kecepatan rendah maupun pada kecepatan tinggi melintasi jalan bebas hambatan.

Selain kenyamanan, Avanza-veloz juga dikenal sebagai mobil tahan banting dan mempunyai durability yang tangguh karena penggunaan sistem rangka semi monocoque dan sistem roda penggerak belakang atau rear wheel drive (RWD) yang tetap dipertahankan sampai saat ini.

Memasuki kota Semarang keluar jalan bebas hambatan, kami menyambangi Masjid Agung Semarang melakukan aktivitas interaktif seperti sesi foto dan pembuatan video untuk diperlombakan.

Setelah berkatifitas di kota semarang, kami beristirahat di Hotel PO yang merupakan hotel yang terhubung dengan salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan modern di Semarang. Malam harinya kami juga berkunjung ke Angkringan Blendoek untuk santap malam bersama-sama.

New Veloz memang kini hadir memaang semakin berkarakter, kokoh, stylish dan modern, dengan kelebihan yang dimiliki juga pantas disebut sebagai sebuah city car yang berkelas.

Pada hari kedua kami menggunakan New Avanza, pagi-pagi sekali kami meluncur menuju ke Magelang guna melakukan serangkaian aktifitas interaktif dan menarik bertajuk Media Activity Indonesia Greatness di Kawasan sekitar Candi Borbudur.

Perjalanan dari Semarang ke Magelang ini merupakan perjalanan panjang kedua kami yang sudah memasuki hari terakhir dengan jarak sekitar 100 km dengan perkiraan waktu tempuh 2,5 jam.

Karakteristik jalan yang dilalui juga beragam. Selain jalan arteri perkotaan, jalan tol, perjalanan menuju Magelang juga akan melintasi jalan kolektor luar kota.

Berkendara dengan New Avanza melalui rute Semarang-Magelang ini merupakan upaya kami mengetahui lebih banyak lagi berbagai kelebihan yang dimiliki oleh generasi terbaru low-MPV terlaris Toyota ini atau yang sering dijuluki mobil sejuta umat.

Dari awal, Avanza memang didesain untuk menjadi kendaraan keluarga di segmen MPV dengan karakter atau DNA yang mampu memenuhi perkembangan kebutuhan mobilitas masyarakat dari waktu ke waktu.

Rancangan Avanza tentunya didahului survei untuk mengetahui karakter sosiologis dan mobilitas keluarga Indonesia serta kondisi infrastruktur atau jalanan di berbagai daerah Indonesia.

Lengkap sudah kami menjajal dua model dari Toyota Avanza teranyar. Dimana kini perjalanan jauh dengan kedua mobil ini semakin nyaman karena sentuhan improvement yang dilakukan juga telah membuat tingkat kekedapan suara pada kedua mobil ini lebih senyap dibandingkan pendahulunya.

Alagi modifikasi pada insulator yang diletakkan di sasis bagian belakang, floor serta dash panel bagian depan, serta penggunaan ban ukuran 15″ membuat ruangan kabin semakin kedap suara sehingga memberikan kenyamanan ekstra untuk seluruh penumpang.

Toyota juga telah melakukan perubahan program pada Electric Power Steering agar kedua model dari Toyota All New Avanza ini makin lebih enak dikendarai baik dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi.

Dari sisi keselamatan, Kedua mobil ini memiliki fitur keselamatan paling lengkap pertama di kelasnya. Fitur keselamatannya dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning.

Aktifitas perjalanan kami di hari kedua di Jawa Tengah diakhiri dengan perjalan menuju Bandara Internasional Adisucipto Yogjakarta untuk kembali ke Jakarta. Sukses buat New Avanza dan New Veloz bagi kami ini merupakan perjalanan yang menyenangkan. (rhs)

SHARE