Home Breaking News Suzuki Ekspor Perdana All New Ertiga ke Berbagai Negara

Suzuki Ekspor Perdana All New Ertiga ke Berbagai Negara

CIKARANG | Otorai.com – PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), meremiskan Suzuki All New Ertiga dan sepeda motor NEX II, Senin (22/10). yang dihadiri oleh Menteri Perindustrian Indonesia Airlangga Hartarto.

Kegiatan peresmian ekspor ini juga merupakan dukungan SIM atas rencana roadmap 4IR atau Revolusi Industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah melalui Kementrian Perindustrian.

Dalam roadmap tersebut, industri otomotif menjadi salah satu sektor penggerak ekonomi dalam negeri dengan perannya sebagai pemain terkemuka dalam kegiatan ekspor.

Seiji Itayama, selaku Presiden Director PT SIM mengatakan, bahwa hari ini sangat bersejarah bagi Suzuki karena ekspor produk terbaru All New Ertiga dan NEX II mulai dilakukan.

“Dua produk karyaanak bangsa ini yang dibuat di Cikarang dan Tambun telah menjadi produk global. Selain itu peresmian ekspor ini merupakan dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam meningkatkan ekapor dan memajukan perekonomian dalam negeri,” ungkapnya.

Seperti diketahui, PT SIM mulai melakukan ekspor Ertiga pada tahun 2013, hingga Sampai tahun 2018 telah mengapalkan 42.158 unit ke 28 negara tujuan ekport.

Acara peresmian hari ini mengawali ekspor 12.000 unit All New Ertiga ke Meksiko, Filipina dan 20 negara lainnya yang tersebar di benua Asia, Amerika Latin dan Osenia.

Khusus untuk All New Ertiga, ditargetkan ekspor sebanyak 12.000 unit hingga Maret 2019. Dari ke-28 negara tersebut, 15 di antaranya berada di Amerika Latin dan Karibia dengan target 2.600 unit hingga Desember 2018.

Pada tahun ini PT SIM berencana mengapalkan 7.062 unit roda empat unggulan ke Meksiko dan negara-negara Amerika Latin lainnya seperti Cili, Peru, Bolivia, dan negara-negara di kepulauan Karibia.

Selain Meksiko dan negara-negara di Amerika Latin tersebut, All New Ertiga juga diekspor ke wilayah lainnya seperti Oseania dan negara-negara Asia.

Sementara Untuk sepeda motor, Suzuki juga mengekpor NEX ke Filipina dalam bentuk CBU. Namun ke depannya Suzuki juga akan mengekspor NEX II dalam bentuk CKD ke Kamboja. Saat ini, Suzuki telah mulai mengapalkan sebanyak 4.456 unit NEX II sejak Agustus 2018.

Hingga Maret 2019, Suzuki menargetkan akan mengekspor 18.660 unit NEX II ke dua negara tersebut. Kiprah produksi Suzuki di Indonesia dimulai pada tahun 1971 dengan memproduksi sepeda motor. (rhs)