Home Breaking News Wuling E100 ‘Small is Beauty’ Curi Perhatian Pengunjung GIAS 2018

Wuling E100 ‘Small is Beauty’ Curi Perhatian Pengunjung GIAS 2018

TANGERANG | Otorai.com – Small is Beuty mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan mobil Wuling E100. Bagaimana tidak, mobil listrik yang bisa mengankut dua orang ini konon kabarnya telah mengaspal tahun lalu tahun lalu.

Hebatnya lagi, Mobil ini di negeri asalnya sudah terjual 11 ribu unit per Januari hingga Mei 2018. Tapi tunggu dulu, Wuling E100 sendiri tak dijual di seluruh pelosok China, cuma di kota-kota tertentu saja yang jaringan infrastrukturnya sudah mendukung elektrifikasi sepenuhnya.

Lantas apakah Wuling berniat menjualnya di Indonesia, itu sebuah pertanyaan sekaligus impian para pecinta otomotif tanah air agar dapat memilikinya.

Buat yang penasaran ingin melihat wujud mobil imut ini silakan sambangi perhelatan akbar Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di Ice, BSD , Tangerang.

Tetapi di perhelatan GIIAS 2018 mobil ini hanya untuk dipajang sebagai syarat pameran yang mengangkat tema elektrifikasi.

Cindy Cai, selaku Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing (VSSM) Wuling Motors, mengatakan pada saat pembukaan pameran, bahwa melalui mobil E100 Wuling Motors ingin mengatakan sebenarnya kami mempnyai kendraan ini.

“Jadi ketika regulasi di Indonesia sudah muncul, bukan tidak mungkin akan dipasarkan,” ungkapnya (02/08).

Mari sedikit membedah mobil mungil yang sarat dengan fiturnya remium ini. Dimensi Wuling E100 sangat kompak, bisa dibilang serupa dengan mobil mungil Smart ForTwo. Panjangnya hanya 2.488 mm, sementara lebar 1.506 mm dan 1.670 mm untuk tingginya.

Jarak sumbu roda 1.600 mm, Kabin yang ditawarkan lumayan buat ukuran orang dewasa di Asia. Malah masih bisa ditambah barang di belakangnya. Ukuran roda dan ban juga mungil, 12 inci dengan balutan karet 145/70 R12.

Melihat desainnya, E100 seperti menyasar segmen kaum muda. Bagaimana tidak, mobil yang mencuri perhatian pengunjung GIIAS ini sangat menarik dan merupakan tipikal mobil perkotaan yang dinamis.

Kekuatan mobil ini berbasisi elektrik dimana jantungnya disokong oleh baterai lithium-ion 220V yang dapat memberikan daya 29 kW dan torsi 110 Nm. Tenaga dikirim ke roda depan dan ada Electric Power Steering (EPS) untuk kemudahan pengemudi dalam berkendara.

Pengisian ulang baterai sekitar 9 jam (dari 20 – 100 persen). Daya jelajahnya mencapai 200 km kalau baterai terisi penuh. Jadi tidak membuat was-was juga ini mobil ketika dibawa perjalan yang jaraknya relatif jauh.

Tidak sulit untuk pengisian baterainya karena dapat dijumpai di ujung depan, tepatnya di balik logo mobil. Sementara akselerasinya diklaim 6,5 detik dari diam sampai 50 kpj dan mentok sampai 100 kpj.

Fitur safety yang disematkan pada E100 terbilang sangat tinggi buat mobil kecil yang cantik ini, karena ada SRS airbag, rem ABS-EBD, Electronic Stability Control (ESC). Tidak ketinggalan adanya kamera parkir mundur dan sensor, rem cakram di keempat rodanya dan ISOFIX.

Wuling E100 juga dibekali dengan rem parkir elektrik (EPB), keyless entry, tombol Start/stop, mode berkendara (Eco-Normal-Sport), port USB, layar hiburan 10 inci dan akses audio dari lingkar kemudi.

Sekelumit tentang mobil ini membuat gemas untuk memilikinya sambil berharap kapan mobil ini bisa mengaspal di indonesia. (rhs)