Home Breaking News Wuling Motors Siap Garap Ceruk Pasar Segmen SUV Indonesia

Wuling Motors Siap Garap Ceruk Pasar Segmen SUV Indonesia

TANGERANG – Otorai.com – Ada yang menarik ketika menyambangi gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, dimana brand asal negeri tirai bambu Wuling Motor memajang SUV teranyar.

Tampaknya Wuling Motors ingin melihat respon masyarakat dan mengumpulkan masukan dan saran sebelum resmi memasarkannya di Indonesia. Cukup beralasan mengingat ceruk pasar segmen SUV di indonesia cukup besar kuehnya.

Mobil Wuling SUV yang dipamerkan di GIIAS 2018 ini merupakan mobil yang diboyong langsung dari China dengan versi setir kiri. Jika nantinya diproduksi dan dijual di Indonesia, tentu Wuling akan memberikan spesifikasi yang telah disesuaikan dengan segmen pasar di Indonesia.

Wuling SUV diadaptasi dari Baojun 530 punya spesifikasi yang sangat menarik. Kebayang apabila harganya dibanderol sangat kompetitif dibandingkan produk rilisan Jepang. Misalnya, sebagai perbandingan, artinya konsumen bisa mendapatkan SUV sekelas Honda CR-V dengan hanya membayar harga BR-V.

Tapi tidak ada salahnya untuk melihat spesifikasi si Baojun 530 ini yang belum lama ini diluncurkan di China. Mengusung mesinnya 4-silinder, 1.5 liter DCVVT (katup variabel ganda) dan disokong turbocharger. Tenaga maksimal 147 PS dan torsi puncak 230 Nm. Penyalur dayanya transmisi tanpa jeda, CVT.

Kalau diperhatikan lebih dalam, spesifikasi mesin dan transmisi mirip-mirip dengan yang ditawarkan DFSK Glory 580, termasuk outputnya juga mirip.

Kabin Lega, Banjir Fitur Mewah

Dari segi dimensi, Wuling SUV punya panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.760 mm. Angka itu menjadikan Wuling SUV lebih panjang dan tinggi ketimbang Honda CR-V. Sedang jarak sumbu roda 2.750 mm, juga lebih panjang dari CR-V yang berarti kabin Wuling SUV lebih lega membuat pengendara bisa merasa lebih nyaman ketika berkendara.

Tampilan desain eksteriornya modern. Bagian wajah mengadopsi susunan lampu yang mirip dengan Xpander dan Kia, di mana lampu paling atas adalah LED DRL dan di bawahnya ada lampu depan utama serta lampu kabut di posisi paling bawah.

Bahkan pahatan desainnya sangat bisa diapresiasi dan sudah bisa bersaing dengan SUV Jepang maupun Eropa di segmen yang sama.

Kelengkapan fiturnya mewah. telah disematkannya sunroof dan panoramic roof sekaligus. Kemudian rem parkir elektrik, keyless entry, start-stop button, cruise control, audio steering control dan infotainment 8 inci lengkap dengan navigasi.

Dari fitur safety, ada dual SRS airbag ditambah bagian sisi dan curtain atau tirai, rem ABS + EBD +BA, empat rem cakram, traction control system, electronic stability control, kamera parkir mundur, sensor parkir depan belakang, tyre pressure monitoring system (TPMS) dan hill hold control.

Hingga saat ini konsumen baru bisa mereka- reka harganya karena pihak Wuling Motors belum bisa memberikan harga yang pasti, Wulig SUV memang baru niat dipasarkan tahun depan. Bahkan namanya saja masih memakai alias Wuling SUV, alih-alih Baojun 530.

Melihat kompetitor, DFSK Glory 580, tampaknya bisa jadi berada di level harga yang sama. Pastinya bakal lebih murah dari kompetitor pabrikan Jepang di segmennya.

Buat yang penasaran, yuk kunjungi booth Wuling di GIIAS 2018. Kalau dinilai cocok, bisa dipersiapkan untuk meminangnya tahun depan siapa tau jodoh. (rhs)