Home Breaking News Honda CBR150R Jadi Motor Terbaik Versi Wartawan Otomotif

Honda CBR150R Jadi Motor Terbaik Versi Wartawan Otomotif

JAKARTA | Otorai.com – Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) kembali menyelenggarakan kegiatan Forwot Motorcycle of the Year (FMY), di tahun 2016 ini merupakan yang ke 7 kali pelaknsanaanya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi melalui rekomendasi kepada produsen kendaraan roda-dua sebagai bahan evaluasi guna menghasilkan produk terbaik, sekaligus jadi barometer bagi masyarakat dalam hal memilih sepedamotor sesuai kebutuhan.

Seperti diketahui, Kondisi pasar sepedamotor di Indonesia tak kunjung memberikan sinyal positif hingga akhir 2016. Pada 2015, pasar hanya mampu menyerap sebesar 6,4 juta unit lebih, di mana turun 18% dari 2014. Kini, dipenghujung 2016, penjualannya tak kungjung signifikan, yakni masih di angka 6 juta unit. bahkan, tahun depan pun tidak ada pihak yang berani memprediksikan pasar bisa menyerap di atas angka 6,5 juta unit.

Meski demikian seluruh produsen sepedamotor yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) terus berlomba melakukan inovasi produk dan layanan purnajual untuk terus merangsang daya beli masyarakat.

“Tahun ini, pasar otomotif Indonesia memang masih menjalani kurun waktu yang menantang akibat lesunya daya beli masyarakat. Namun, FORWOT sebagai salah satu elemen bangsa sudah sepatutnya terus memberikan kontribusi kepada masyarakat, melalui kegiatan FMY sebagai langkah rekomendasi model sepeda motor terbaik,” jelas Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT

Panitia menjaring 14 model terbaru yang diluncurkan selama periode setahun (September 2015 hingga Agustus 2016) lalu dilakukan penilaian oleh 25 wartawan profesional yang bergelut di bidang otomotif. Tahap pertama, penjurian menghasilkan lima finalis sepedamotor terbaik yaitu, Honda BeAT, Honda CBR150R, Kawasaki D-Tracker X, Suzuki Satria F150, dan Yamaha Xabre. Dari kelima model terbaik, tim juri kembali melakukan penilaian secara ketat dari berbagai aspek.

“Akhirnya, hasil penjurian final menobatkan Honda CBR150R sebagai FORWOT Motorcycle of the Year 2016 (FMY 2016) dengan perolehan nilai 149, disusul oleh Honda BeAT 136, Yamaha Xabre 134, Suzuki Satria F150 116, dan terakhir Kawasaki D-Tracker X 116,” ujar Ary Dwinoviansyah, ketua dewan juri.

Penyelenggaraan FMY 2016 bisa dibilang cukup spesial, tidak saja karena situasi bisnis otomotif yang masih cukup menantang. Tapi juga, FMY tahun ini mampu menghadirkan deretan sepedamotor terbaik yang mewakili setiap genre, mulai dari skutik, bebek sport, naked, dan sport full fairing. Penilaian secara konprehensif juga dilakukan mulai dari sisi produk yang terdiri dari desain, fungsi, teknologi, performa dan kenyamanan, hingga aspek bisnisnya.(rhs)