Home Breaking News Pertamina Dan Goodrides Gelar City Rally Dengan Konsep Baru Autocross

Pertamina Dan Goodrides Gelar City Rally Dengan Konsep Baru Autocross

JAKARTA | Otorai.com – Mungking masih banyak sebagian orang belum mengenal jenis cabang motorsport yang lebih akrab di sebut Autocross, dimana ketrampilan menggunakan waktu dan kehandalan melewati lintasan sebagai acuan penilaian utamanya. Belum lama ini bersamaan dengan GIIAS 2016, PT Pertamina (Persero) dan Goodrides kembali menggelar Gas In Flat Out (GIFO) Vol. 3 dengan konsep baru berupa Autocross.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peluncuran produk Pertamax Turbo. Autocross kembali digelar di Indonesia Convention Exhibition ICE, BSD, Tangerang (28/8), Hampir sebanyak 50 mobil dengan kapasitas mesin turbochar ambil bagian dalam kegiatan ini. Tidak hanya itu, acara juga diramaikan oleh para drifter profesional yang unjuk kebolehan autocross yang pertama digelar di Indonesia ini.

Dengan berlaga lapangan terbuka, lintasan dibentuk menggunakan cone dan peserta dituntut melewati lintasan secepat mungkin tanpa menjatuhkan cone. Apabila ada cone yang terjatuh, maka peserta akan mendapatkan penalti berupa penambahan waktu. Berbeda dengan Gymkhana dan Slalom yang sangat mengasah ketangkasan driver dalam meliuk-liukan kendaraan untuk memutari cone, layout track autocross lebih sederhana tanpa mengharuskan driver untuk menarik e-brake atau melakukan sliding.

pertamina

Perbedaan signifikan lainnya antara autocross dengan gymkhana atau slalom sendiri ada pada layout lintasan yang lebih mengacu untuk ke arah high speed. Autocross sangat membutuhkan kehandalan pengemudi yang juga harus diselaraskan dengan performa kendaraan.

Autocros sejatinya menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi seperti Pertamax Turbo (RON 98) dalam menunjang performa kendaraan, maka para partisipan akan mendapatkan pengalaman baru dalam memacu mobil dengan bahan bakar beroktan tinggi. Seperti diketahui, Saat ini Pertamax Turbo telah tersedia di 23 SPBU Pertamina di Jabodetabek.

Dengan terselenggaranya Gas In Flat Out Volume 3, saya berharap dapat menumbuhkan bibit-bibit baru dalam cabang motorsport ini. Track layout pada kegiatan ini sangat menantang. Desainnya juga tergolong adil untuk seluruh kelas yang dipertandingkan hari ini dimana kelas tersebut terbagi atas jenis penggerak mobil yang digunakan yaitu Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD), serta All Wheel Drive (AWD). Mudah-mudahan acara seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin sehingga autocross ini dapat berkembang lebih pesat di Tanah Air,” papar drifter profesional Indonesia, Dean Zen.(rhs)