Home Breaking News Proyek Produksi Lokal Toyota Sienta Tanam Investasi 2,5 Triliun

Proyek Produksi Lokal Toyota Sienta Tanam Investasi 2,5 Triliun

Tmin

KARAWANG | Otorai.com – Kelahiran yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) hari ini(25/7) resmi “melahirkan” produk terbaru the All New Sienta dari pabrik Karawang 2. Toyota menanamkan investasi sebesar 2,5 triliun rupiah (sekitar US$ 186 juta) untuk proyek produksi lokal Sienta ini. Di tahap awal, Toyota menargetkan volume produksi sebesar 4.000 unit per bulan.

Toyota Sienta yang merupakan Mini MPV baru Toyota di Indonesia telah diperkenalkan sebelumnya pada 7 April 2016 berbarengan dengan pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) di JI-Expo Kemayoran Jakarta. Model kendaraan ini menjadi produk kendaraan utuh keenam yang diproduksi secara lokal oleh TMMIN di antara jajaran model lainnya.

Tmin3

“Kami sangat bangga karena bisa memproduksi berbagai macam model di pabrik kami di Indonesia. Kami berharap dengan semakin banyaknya model yang diproduksi secara lokal, maka akan memberikan sumbangsih nyata terhadap perkembangan industri otomotif nasional serta ekonomi Indonesia melalui alih teknologi produksi (production know-how), pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), keterlibatan pemasok lokal, dan penanaman investasi,” papar Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN, di Karawang.

Sebagai catatan, Indonesia merupakan negara pertama setelah Jepang yang memproduksi Sienta. Kendaraan yang dibekali dengan mesin bertipe R-NR merupakan produk lokal buatan pabrik TMMIN. Rencananya Sienta juga akan diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara mulai akhir tahun ini menyusul keberhasilan model-model kendaraan utuh bermerek Toyota yang telah lebih dulu eksis di pasar global.(rhs)