Home Breaking News Dengan Vespa Tua Andi Liano Jelajahi Eropa Seorang Diri

Dengan Vespa Tua Andi Liano Jelajahi Eropa Seorang Diri

vespa12

JAKARTA | Otorai.com – Salah satu acara yang menarik di Indonesia Vespa World Day (IVWD)2016 yang diadakan di lapangan Aldiron, Pancoran, Jakarta pada sabtu (23/4) adalah kehadiran Andi Liano pemuda Indonesia pertama yang melakukan solo riding ke Eropa tepatnya kota Roma dengan menggunakan vespa tua keluaran tahun 1961.

Kehadirannya di acara IVWD 2016 kemarin atas undangan panitia penyelenggara sebagai nara sumber dan juga untuk berbagi pengalaman tentang perjalanannya ke Eropa yang berakhir di kota Roma dengan mengendarai vespa kesayangannya. Dalam penuturannya yang singkat itu Andri bercerita tidak membutuhkan persiapan yang lama hanya sekitar 3 bulan saja walaupun keinginannya itu sudah ada di benaknya 5 tahun sebelum keberangkatannya.

Di tanya tentang tujuannya melakukan solo riding ini dia menjawab bahwa tujuannya sangat sederhana yaitu ingin mengangkat harga diri vespa di Indonesia yang kurang diminati serta memperkenalkan kepada dunia bahwa orang Indonesia juga masih banyak yang menggunakan vespa. Perjalanannya di mulai dari kediamannya di Jogyakarta pada tanggal 1 Juni 2012 hingga November 2013 dengan menyinggahi 18 negara sambil berbagi informasi dengan berbagai komunitas yang di temuinya.

Mengenai suka dukanya selama melakukan perjalanan pemuda asal Sumatra barat ini bercerita bahwa sukanya dirinya tidak mendapat kesulitan yang berarti mulai dari segi bahasa untuk berkomunikasi serta menghadapi kondisi jalan yang di lalui karena beberapa tahun sebelumnya dia pernah singgah di berbagai negara di Eropa, sedangkan dukanya adalah kurangnya mendapat dukungan maupun support dari beberapa Duta besar atau perwakilan negara kita di negara yang disinggahi termasuk dalam hal mengurus salah satu perijinan yang akhirnya harus menghibahkan motor kesayangannya itu di museum Dicibaci yang berada di pusat kota Roma yang berada di jalan Republica.

Mengenai vespa yang dikendarainya itu tidak mengalami gangguan sama sekali karena setiap saat selalu diperhatikan, kalau pun ada akan ditangani sendiri karena Andi sudah paham betul dengan karakter kendaraannya. Hingga saat ini Andi Liano masih merupakan orang pertama dari Indonesia yang pernah melakukan perjalanan seorang diri ke Eropa tepatnya kota Roma dengan menggunakan vespa tua keluaran tahun 1961, namun sayangnya tidak banyak orang yang tahu termasuk media di Indonesia tentang aksinya ini. “ Mungkin karena ini hanya bentuk apresiasi kecintaannya kepada vespa, selain untuk menyalurkan hobi,” ungkap Andi usai mengisisi acara di IVWD 2016.

Pesannya kepada penggemar Vespa yang hadir di IVWD 2016 adalah bahwa dirinya ingin melihat para vespa mania di negeri ini seperti yang ia lihat di luar negeri dimana penggemar vespa itu bisa saling pengertian dan menghargai  juga dapat berkontribusi buat orang lain. (Koes)