Home Breaking News Pertamina Lirik Ceruk Pasar Pengguna Solar Dan Pertamina Dex Beralih Ke Dexlite

Pertamina Lirik Ceruk Pasar Pengguna Solar Dan Pertamina Dex Beralih Ke Dexlite

dexlite

JAKARTA | Otorai.com- PT Pertamina (Persero) berhasil melakukan uji pasar varian produk diesel non subsidi terbarunya, Dexlite, di 33 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota yang tersebar di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Peluncuan ditandai dengan pengisian perdana Dexlite pada kendaraan di SPBU 31.1.26.01 Jl.Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang pada Jumat (15/04).

Dexlite merupakan varian produk bahan bakar Diesel yang diformulasikan Pertamina bagi konsumen pengguna kendaraan bermesin diesel yang populasinya semakin meningkat sejalan dengan makin ketatnya batasan emisi gas buang. Seperti halnya Pertalite, Dexlite akan menyasar ceruk pasar dengan segmen antara Solar dan Pertamina Dex.

“Mempertimbangkan kebutuhan konsumen dan melihat peluang pasar yang ada, Pertamina melakukan uji pasar untuk produk diesel dengan angka Cetane minimal 51 yang diberi merek Dexlite. Ini merupakan bentuk inisiatif dan inovasi pemasaran Pertamina untuk merespons perkembangan pasar kendaraan diesel di Tanah Air,” kata Dwi Soetjipto Direktur Utama Pertamina.

dexlite2

Spesifikasi Dexlite memiliki angka Cetane 51 dengan kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm atau lebih tinggi dibandingkan dengan Solar diangka Cetane Number 48 dengan kandungan sulfur maksimal 3.500 ppm. Adapun, Pertamina Dex yang dikenal sebagai produk bahan bakar diesel terbaik di Indonesia saat ini, memiliki angka Cetane Number 53 dengan kandungan sulfur maksimal 500 ppm.

“Sebagai pilihan produk baru, Dexlite memang memiliki kualitas di atas Solar, namun harga tetap terjangkau oleh konsumen dan ramah terhadap lingkungan. Dengan hadirnya Dexlite, Pertamina telah berkontribusi positif membantu pemerintah dalam mengurangi penggunaan Bahan Bakar Bersubsidi Solar,” tambah Dwi.

Pertamina juga telah mempersiapkan infrastruktur Terminal BBMnya, armada mobil tangki, dan infrastruktur IT serta fasilitas lainnya dalam mendukung kelancaran operasional uji pasar. Instalasi Jakarta Group telah siap menyalurkan Dexlite dengan kapasitas 1.000 KL per hari.  Produk Dexlite yang di jual kepasar Rp 6750/liter ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan pasar merespon dengan positif sehingga masyarakat pengguna bahan bagar bermesin diesel dapat beralih kedepannya menggunakan Dexlite.(rhs).