Home Breaking News MotoGP 2017 Sentul Terancam Batal

MotoGP 2017 Sentul Terancam Batal

GP

JAKARTA | Otorai.com –Dilansir dari speedweek, Finlandia memiliki peluang dan kesiapan lebih baik untuk menyelenggarakan MotoGP 2017 dibanding Indonesia. Sedangkan untuk Thailand, baru akan memiliki kesempatan menyelenggarakan MotoGP pada 2018, lantaran pada 2017 Buriram memiliki event balap bersamaan, yakni World Superbike.

Terkait dengan pembatalan ini, Dorna menunjuk Finlandia sebagai kandidat untuk menyelenggarakan Motogp di tahun 2017, Seperti disampaikan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, kepada speedweek. “Finlandia bekerja sangat profesional, mereka memiliki semua rencana dan dokumen yang telah kita minta, sangat tepat waktu diajukan dan disampaikan.”

Pernyataan Ezpeleta tersebut seolah menyinggung Indonesia, karena dari 3 persyaratan yang diminta oleh Dorna, Indonesia baru mengirimkan Letter Of Intention (LOI) melalui Menteri Pemuda dan Olahraga. Sedangkan untuk keputusan presiden dan masterplan yang diminta oleh Dorna belum juga diberikan Indonesia. Oleh karena itu, Dorna lebih percaya Finlandia yang sudah melengkapi persyaratan dari Dorna.

Kari O. Sohlberg selaku ketua Asosiasi Motorsport Finlandia menyatakan, MotoGP merupakan target Finladia ketimbang untuk menyelenggarakan balap Formula One (F1) yang lebih banyak mengeluarkan biaya.

“Balap Formula 1 bukan tujuan utama kami, karena akan banyak biaya yang harus dikeluarkan. Dari pada kami menyelenggarakan F1 dengan biaya besar, lebih baik biaya tersebut untuk menyelenggarakan MotoGP, WSBK, GP2, GP3 atau DTM akan menjadi sempurna bagi kami.” pungkas Kari o Sohlberg.

Saat ini, Finlandia telah mempersiapkan sirkuit Kymi Motorsport Parks dengan luas 110 km, dan panjang lintasan sekitar 4,8 km. ( CHR )