Home Breaking News Mahalnya Biaya Sebuah Tim Yang Berlaga Di MotoGP

Mahalnya Biaya Sebuah Tim Yang Berlaga Di MotoGP

GP

JAKARTA | Otorai.com – Ternayata motor yang digunakan pembalap Valentino Rossi  dan Marc Marquez  itu tidak djual di pasaran, seperti  dikutip dari Money.id balapan ini beda dengan Superbike yang menggunakan motor produksi masal, pertanyaannya berpa biaya yang harus dikeluarkan tim untuk sebuah laga di Moto GP?

Moto GP adalah even motor kelas premium dimana untuk urusan dapur pacunya seperti mesin, suku cadang, perangkat elektronik, bahkan baut dan murnya saja dipesan secara khusus, seperti rem, diskbrake, ban hingga rangka motor tidak bisa didapatkan dimanapun. Faktor ini yang membuat balapan ini menjadi mahal, dan ini bukan hanya ingin beda tetapi karena memang Moto GP merupakan unjuk gigi teknologi bagi pabrikan motor di seluruh dunia karena mesinnya hanya dibuat dan digunakan di ajang Moto GP.

Tahun 2009 tim Kawasaki  pabrikan motor yang  identik dengan warna hijau memutuskan hengkang dari ajang bergengsi ini dengan memutus kontrak dengan Dona selaku penyelenggara Moto GP karena harus mengeluarkan biaya US$ 26 juta atau setara Rp 353 miliar setahun. Dan itu digunakan untuk biaya riset, gaji pembalap,dan bayar pinalti bila tim melakukan pelanggaran selama balapan berlangsung, dana sebesar itu pun tidak mampu menggoyang dominasi Honda dan Yamaha. Disamping itu tim harus membayar gaji kru dan tempat menginap selama even berlangsung yang jumlahnya bisa mencapai 20 sampai 40 orang.

Tim papan atas sekelas Honda dikabarkan menggelontorkan dana US$ 100 setara 1,3 triliun dimana pengeluaran terbesar hanya untuk riset. Jadi  bisa dibayangkan betapa kesalnya pemilik tim bila pembalapnya terjatuh dan tidak mendulang point. ( Koes )