Home Breaking News SMA 19 Bandung Raih ‘Best of The Best’ Toyota Eco Youth

SMA 19 Bandung Raih ‘Best of The Best’ Toyota Eco Youth

youth

JAKARTA | Otorai.com – SMA Negeri 19 Bandung menjadi “Best of The Best” di acara Toyota Eco Youth ( TEY ) ke 9 dengan mengantongi total hadiah sebesar 660 juta rupiah termasuk kesempatan untuk mengikuti pelatihan tentang lingkungan hidup ke negeri Sakura, Jepang. Acara Awarding Ceremony yang diadakan di Mall Gandaria City, Jakarta hari Sabtu 1 Agustus 2015 ini diselenggarakan oleh Toyota Astra Motor ( TAM ) dan Toyota Motor Manufactuing Indonesia ( TMMIN ).

Perlombaan yang berbasis lingkungan bagi siswa SMA dan sederajat ini terbagi menjadi 2 katagori utama dan 1 katagor tambahan. Untuk katagori Science dimenangkan SMA N 6 Denpasar sebagai pemenang pertama, SMA N 1 Blora sebagai pemenang kedua serta SMA N 6 Banjarmasin sebagai pemenang ke tiga. Untuk katagori Sosial dimenangkan SMA N 19 Bandung, sebagai pemenang pertama, SMA N 5 Surabaya sebagai pemenang ke dua dan SMA N 1 Ubud sebagai pemenang ke tiga. Dan para pemenang di masing masing katagori berhak atas hadiah sebesar 70 juta rupiah untuk pemenang pertama, 50 juta rupiah untuk pemenang ke dua, serta 30 juta rupiah untuk pemenang ke tiga.

Perlombaan kali ini tidak hanya berupa project lingkungan saja namun ada penambahan berupa 6 katagori aktifitas My Eco Competition yaitu My Eco Shirt, My Eco Doodle, My Eco Anthem, My Eco Story, My Eco Meter, My Eco Pic, yang diharapkan dapat memperluas keterlibatan elemen sekolah dalam program TEY ke 9, termasuk memperluas cakupan sosialisasi dari yang awalnya 5 kota yaitu Jakarta, Makasar, Surabaya, Jogjakarta dan Medan kini ditambah kota Bandung, Semarang, Denpasar, Balikpapan dan Menado.

Tim penilai kali ini menejemen Toyota Indonesia dibantu oleh para pakar pendidikan seperti Pof.DR. Arief Rachman Hakim M.pd ( Guru Besar Universitas Negeri Jakarta ), DR. Jatna Supriatna, Phd ( Kepala Pusat Perubahan Iklim Unibersitas Indonesia ), Rene Suhardono ( Pakar Sosial Media & Gerakan Sosial ), serta Didi Kaspi Kasim ( Praktisi Media ).

Acara yang bertujuan untuk menjadikan generasi muda Indonesia menjadi generasi green mindset yang memiliki kepedulian besar pada permasalahan lingkungan hidup serta menciptakan sekolah sekolah sebagai model pembelajaran lingkungan di bawah bimbingan para ahli untk mendapat hasil yang positif. Untuk sekolah sekolah yang telah berhasil menjadi juara terus pertahankan potensi cemerlang mu dengan menorehkan ide ide yang inovatif untuk bisa menyelamatkan lingkungan agar hidup semakin sehat dan bersih. ( Koes )