Home Breaking News Penjualan MPV Bekas untuk Mudik Masih Lesu

Penjualan MPV Bekas untuk Mudik Masih Lesu

carmudi2

JAKARTA | Otorai.com – Dalam beberapa bulan terakhir ini pangsa pasar otomotif sudah mulai menggeliat lagi. Meskipun berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kuartal pertama penjualan mobil baru turun 15% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun diprediksi awal bulan ini, penjualan mobil baru akan mengalami peningkatan, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri yang akan tiba tak lama lagi.

Kondisi tersebut juga dirasakan oleh pemain mobil bekas online, Carmudi Indonesia. Menurut Wouter van der Kolk, Managing Director Carmudi Indonesia, beberapa bulan menjelang Lebaran tahun ini jumlah mobil dijual yang terpasang (listing) cenderung stabil, belum ada peningkatan signifikan.

“Hal itu berbeda dengan tahun lalu, dimana terjadi peningkatan dalam jumlah listing. Tapi kami optimis menjelang musim mudik pasar mobil bekas akan kembali stabil dan meningkat seperti tahun lalu,” katanya.

Carmudi1

Melihat sejarah tahun lalu, pasar mobil bekas, khususnya MPV banyak dicari untuk dijadikan kendaraan mudik di Hari Raya Lebaran. Tapi sekarang karena, kondisi ekonomi nasional yang masih belum stabil, turut andil dalam penurunan jumlah pembelian mobil bekas.

Melihat harga MPV bekas, berdasarkan situs Carmudi Indonesia, harga yang termurah bisa diraih jika konsumen mencari Toyota Avanza untuk tahun 2004. Harga MPV sejuta umat itu, di pasar mobil bekas dihargai di bawah Rp100 juta. Kendati cukup terjangkau, tapi beberapa penjual mobil bekas sangat menyayangkan kondisi pasar mobil bekas yang melemah.

Seperti dituturkan penjual mobil bekas di kawasan Jakarta Selatan, Wahyudi. “Biasanya beberapa bulan mendekati Lebaran, penjualan mobil MPV bekas sudah ramai, tapi sampai sekarang belum terlihat peningkatan penjualan,” katanya.

Menurut pedagang mobil bekas, hal itu terjadi juga karena imbas penjualan mobil baru yang turun di awal tahun ini. Namun di tengah kondisi pasar yang tidak menentu, penjual mobil bekas masih yakin MPV kelas menengah ke bawah, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga masih akan laris manis di musim Lebaran tahun ini. (ARH))