Home Breaking News TNT Indonesia Gelar Pelatihan ” Eco Driving for Smart Driver ”

TNT Indonesia Gelar Pelatihan ” Eco Driving for Smart Driver ”

TNT

JAKARTA | Otorai.com – TNT Indonesia menggelar pelatihan mengenai prilaku berkendara dengan benar dan ramah lingkungan (Eco Driving) bagi anggota Dirlantas Polda Metro Jaya dan pengemudi internal TNT Indonesia yang berlangsung selama dua hari yakni dari tanggal 10 hingga 13 Desember 2014 di jakarta, pelatihan dengan tajuk “Eco Driving For Smart driver” ini melibatkan kerjasama antara Direktorat Lalulintas( Ditlantas) Polda Metro Jaya dan Safety Defensive Consultan Indonesia (SDCI).

Pelatihan ini merupakan wujud komitmen TNT Indonesia untuk secara aktif ikut mengurangi emisi karbon dioksida (CO2),  dengan memberi penekanan kepada teknik-teknik berkendara akan prinsip-prinsip dasar defensive driving dan safety driving yang bertujuan agar dapat berkendara dengan lebih hemat, ramah lingkungan dan mengurangi angka kecelakaan.

“Kegiatan edukasi ini akan melibatkan sebanyak 50 orang yang terdiri dari 25 anggota dari Ditlantas Polda Metro jaya dan 25 pengemudi perusahaan TNT Indonesia. Kerja sama kami dengan Ditlantas Polda Metro Jaya dan SCDI ini adalah salah satu bentuk dari upaya edukasi kepada para pengendara¬† sehinggga mereka mampu berfikir secara lebih pintar dan bijaksana sehingga dapat mengurangi polusi udara sekaligus menekan angka kecelakaan lalulintas di tanah air,” jelas Tomy Sofhian, Managing Direktor TNT Indonesia.

Disisi lain Tomy Sofhian juga menambahkan, “Kami sangat menyadari bahwa emisi gas buang kendaraan, termasuk dari kegiatan bisnis logistik dan pengiriman, secara jangka panjang akan berkontribusi terhadap perubahan iklim yang makin dirasakan belakangan ini. Oleh karena itu kegiatan ini diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut dengan cara menjalankan kegiatan bisnis ramah lingkungan,” ujarnya

Selama pelatihan akan banyak pemaparan mengenai pemahaman Eco Driving, seperti penerapan sistem pengeoprasian kendaraan termasuk sistem kemudi kendaraan, sitem kopling, sitem pengereman dan sitem suspensi. Selain kegiatan pelatihan Eco driving TNT Indonesia telah bekerjasama dengan UNEP (United Nation Environment Program) di awal tahun 2006 dengan mencanangkan strategi dan aktivitas secara global untuk bersama-sama mengurangi CO2.

“Kami terus berkomitmen untuk mengedukasi serta mempromosikan prilaku berkendara dengan baik dan hemat bahan bakar melalui serangkaian kegiatan dibawah program Eco driving. TNT indonesia sudah melakukan pelatihan mulai dari tahun 2012, dengan Departemen Perhubungan Darat, kemudian 2013 dengan menggandeng Tran Jakarta(Busway) dan juga pada tahun ini dengan menggandeng Ditlantas polda Metro jaya,” tutup Tomy Sofhian. (RHS)