Home Oto Event Indonesia Road Safety Award Kembali Digelar

Indonesia Road Safety Award Kembali Digelar

Adira 2

JAKARTA | Otorai.com – Indonesia Road Safety Award (IRSA), kembali digelar bulan April lalu setelah sukses sejak tahun 2013. Kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen, kontribusi, dan kepedulian nyata PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) untuk menekan tingkat kecelakaan di jalan. Kembali menobatkan tiga kota yang dinilai berhasil menerapkan tata kelola keselamatan di jalan (road safety) terbaik yang diumumkan pada acara penganugerahan penghargaan ’Indonesia Road Safety Award 2014’ bertempat di Thamrin Nine Ballroom, UOB Plaza, Jakarta.

IRSA merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan sistem keselamatan di jalan raya yang khususnya ditujukan bagi  pemerintah daerah setingkat kabupaten dan kota. Program IRSA ini diadakan dengan memberikan penghargaan terhadap kota atau kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan di jalan yang berawal dari kampanye ’I Wanna Get Home Safely (IWGHS)’ yang dimiliki Adira Insurance dalam berkontribusi untuk menekan tingkat kecelakaan di jalan.

Penilaian terhadap kota atau kabupaten terbaik dalam hal road safety management berdasarkan 5 pilar road safety yang diterapkan oleh WHO yaitu Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle), Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User) dan Pilar 5 Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Post-Crash Response). Selain itu, kota dan kabupaten dibagi dalam 3 kategori, yaitu Kategori Kota Sedang, Kota Besar dan Kota Metropolitan.

Sementara untuk dewan juri yang telah melakukan penjurian pada bulan Oktober lalu adalah selaku ketua Dewan Juri yakni Drs. Darmaningtyas (Manajemen Transportasi Indonesia); didampingi juri-juri lainnya Ir. Iskandar Abubakar (Ketua Global Road Safety Partnership Indonesia); Kombes Pol Drs. Unggul Sedyantoro, M.Si (Korlantas Polri); Andria Muharami Fitra, ST, M.Eng, Sc (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat); Eddy Gunawan ATD, Meng. SC (Kementerian Perhubungan); Dail Umamil Asri, ST, M.Eng (Kementerian PPN/BAPPENAS); Ahmad Zainudin, S.Sos (Kementerian PPN/BAPPENAS); dr. Sorta Rosniuli, M.Sc (Kementerian Kesehatan); Resti Dwi Hasriani, SKM (Kementerian Kesehatan).

Adira

Kota-kota yang dipilih untuk dilakukan survey  ditentukan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti jumlah kecelakaan, jumlah korban meninggal, jumlah penduduk, perbandingan jumlah penduduk dengan jumlah korban meninggal, serta berbagai pertimbangan lainnya yang relevan. Dari 15 kota/kabupaten semifinalis yang berhasil melewati proses seleksi awal yang telah diumumkan pada saat acara Kick Off IRSA 2014 bulan Juli lalu, akhirnya merucut menjadi 10 kota/kabupaten yang lolos untuk dilakukan survey dan penjurian.

Ke-10 finalis IRSA 2014 inilah yang kemudian diundang untuk melakukan presentasi di hadapan dewan juri selama kurang lebih tiga puluh menit dimana pemerintah kota/kabupaten diminta untuk memaparkan kondisi keselamatan jalan raya di kota masing-masing

“Kami berharap penghargaan IRSA menjadi pemacu semangat pemerintah daerah untuk senantiasa memperlihatkan keseriusan dalam menerapkan tata kelola keselamatan di jalan raya yang harus dipatuhi secara sadar oleh seluruh elemen masyarakat. Kami percaya sinergi kepedulian dua arah antara pemerintah dan masyarakat akan turut berkontribusi dalam menurunkan tingkat kecelakaan di jalan raya”. papar Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance.

Penganugerahan IRSA 2014 didukung oleh berbagai pihak, seperti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kesehatan, WHO, Global Road Safety Partnership, Road Safety Association, dan Masyarakat Transportasi Indonesia. (ARH)