Home Mobil Mengusung Tema ‘Creating Tomorrow For Indonesia’ Toyota Optimis Sambut Ekonomi Indonesia Kedepan

Mengusung Tema ‘Creating Tomorrow For Indonesia’ Toyota Optimis Sambut Ekonomi Indonesia Kedepan

Toyota

JAKARTA | Otorai.com – Dengan mengusung teman ‘Creating Tomorrow For Indonesia’ pada IIMS 2014 tahun ini, Toyota optimis mampu meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia kedepan. Realisasi investasi dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan hasilnya seperti peningkatan penggunaan komponen lokal dan peningkatan ekspor.

Sejak 2012 lalu, Toyota Motor Corporation  (TMC) melalui presidennya, Akio Toyoda telah menyatakan komitmennya untuk melakukan investasi secara besar-besar di Indonesia. Tidak kurang dari Rp 25 triliun dana disiapkan oleh Toyota Group untuk memperkuat kegiatannya dalam industri otomotif nasional. Sebagian komitmen tersebut sudah direalisasikan dalam pembangunan pabrik baru untuk penambahan kapasitas produksi dari 130.000 unit/tahun menjadi 250.000 unit/tahun. Saat ini, Toyota juga tengah menyelesaikan pembangunan pabrik mesin dengan kapasitas 195.000 unit per tahun.

Dengan potensi Toyota Indonesia saat ini dan berbagai kemajuan teknologi yang dimiliki Toyota, kami optimis bisa meningkatkan kontribusi bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk pengembangan industri otomotif dan menghadapi tantangan transportasi ke depan,” kata President Director  PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Fukui saat meresmikan booth Toyota Indonesia pada   penyelenggaraan Indonesia International Motor Show 2014, di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (18/9).

Toyota Indonesia hadir di IIMS 2014 menempati area seluas total 2.850 m2, atau terbesar di ajang IIMS 2014 ini. Selain main booth di indoor  Hall D JIEXpo seluas 2.100 m2, Toyota juga menghadirkan commercial booth seluas 750 m2 di area outdoor. Sementara itu untuk special exhibit di Hall D, selain FCV Next Generation Concept   Toyota juga menampilkan sports car concept Toyota FT-1, personal vehicle FV2. Selain kendaraan tersebut di atas, Toyota juga akan menampilkan berbagai wahana atraktif seperti Toyota Yaris LED dan Toyota Agya Simulator.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Suparno Djasmin mengatakan,  dengan menampilkan  produk yang sebagian besar sudah diproduksi di dalam negeri, Toyota ingin menunjukan bahwa Indonesia bukan hanya sebagai pasar, tapi merupakan basis produksi. “Salah satu pencapaian Toyota Indonesia saat ini dari sekitar 90% produk Toyota yang dijual di Indonesia merupakan merupakan karya anak bangsa atau produksi dalam negeri dengan local content sekitar 60%-90%. Dengan capaian ini, tentunya kegiatan produksi Toyota Indonesia mampu mencapai multiplier effect yang lebih besar, tidak hanya melalui pembentukan pendapatan domestik bruto, tapi juga melalui pengembangan sumber daya manusia dan transfer teknologi, termasuk neraca pembayaran,” kata Suparno Djasmin.

Produk-produk tersebut, lanjut Suparno, tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, tapi juga telah mendapat respon positif di berbagai negara. Melalui PT. Toyota-Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Toyota Indonesia  semakin dipercaya oleh principal Toyota untuk melakukan ekspansi ekspor ke lebih dari 70 negara di dunia  dengan kualitas standar global Toyota.

Untuk menjawab kebutuhan konsumen dalam negeri, pada main booth Toyota Indonesia menghadirkan model dan line-up yang semakin lengkap mulai Agya yang efisien, Yaris dan Vios yang modern serta stylish, jajaran MPV fungsional yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan Indonesia, hingga Prius dan Camry dengan teknologi hybrid. Total unit produk kendaraan display yang ditampilkan berjumlah 22 unit termasuk Toyota 86. ( APM/RHS)