Home Oto Event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 Resmi Dibuka

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 Resmi Dibuka

IIMS

JAKARTA | Otorai.com – The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 resmi dibuka( 18/9) dan kembali menyapa pecinta otomotif tanah air. Acara pembukaan IIMS 2014 dihadiri oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi, yang sekaligus mendapat kehormatan untuk membuka pameran ini secara resmi. IIMS 2014 akan hadir selama sebelas hari mulai 18 – 28 September 2014 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran dan  menempati lahan pamer seluas 83.137 m² atau naik 10% dibandingkan pameran tahun lalu.

Pada upacara pembukaan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi, menyatakan bahwa investasi di industri otomotif adalah investasi yang penting karena bisa menciptakan nilai tambah. Ia menyatakan bahwa dirinya telah mendapatkan komitmen dari para pemain industri otomotif global, khususnya Jepang, yang menyatakan komitmen mereka untuk berinvestasi di Indonesia.

“Kapasitas produksi Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, dan Suzuki di Indonesia rata-rata akan naik dua kali lipat. Mitsubishi bahkan baru saja mengumumkan akan menginvestasikan hampir 1 miliar USD di Indonesia,” ujar Muhammad Lutfi.

Ia juga menyatakan bahwa Indonesia International Motor Show akan memiliki peran penting di kancah global. Ia meyakini bahwa dalam lima tahun ke depan, IIMS akan menjadi forum penting di tingkat regional dan dalam 10 tahun ke depan IIMS akan menjadi forum penting di tingkat global.

Sementara itu, Ketua Umum Gaikindo, Sudirman MR, yang mendampingi Muhammad Lutfi dalam acara pembukaan memaparkan lebih jauh keberhasilan industri otomotif Indonesia. Sepanjang 2013 angka produksi mobil tercatat mencapai 1.206.543 unit, sedangkan pada tahun 2014 jumlah merek yang diproduksi di Indonesia pada tahun ini tercatat 16 merek, dan sampai dengan bulan Agustus angka produksi mobil telah mencapai 878 ribu unit, naik lebih dari 14% dibandingkan produksi mobil pada periode yang sama tahun lalu. Ia memperkirakan bahwa sampai dengan akhir tahun, produksi mobil di Indonesia bisa mencapai angka 1,4 juta unit.

Selain acara pembukaan resmi, hari ini pameran IIMS menggelar Press & VIP Day dimana kesempatan untuk menikmati berbagai kendaraan berikut teknologi mereka diberikan hanya kepada media massa baik nasional maupun internasional serta undangan khusus. Hal ini dilakukan untuk memberikan keleluasaan kepada media massa untuk mendapat informasi eksklusif dari masing-masing APM. Pada hari ini juga seluruh APM peserta IIMS 2014 masing-masing menggelar Press Conference secara simultan mulai pukul 12 siang hingga selesai di seluruh hall pameran.

Pameran IIMS tahun ini juga kembali mendapatkan dukungan penuh dari Pertamina. Kesamaan komitmen dan dukungan terhadap teknologi ramah lingkungan yang secara konsisten diusung IIMS meyakinkan Pertamina menjadi sponsor utama IIMS 2014. Sebagai bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam industri otomotif, Pertamina berharap dapat memperkuat kedekatan dengan konsumennya lewat IIMS 2014. ( RHS )