Home Oto Sport Philo Paz Armand Siap Berlaga Di Sirkuit Mugello Italia

Philo Paz Armand Siap Berlaga Di Sirkuit Mugello Italia

Philo Arman

MUGELLO, ITALIA | Otorai.com –  Philo Paz Armand, satunya-satunya pebalap Indonesia yang berlaga di ajang Formula Renault 2.0 Alps.  tengah bersiap untuk mengikuti lomba di Sirkuit Mugello Italia, pada akhir pekan ini, Sabtu-Minggu (6-7/9).  Mugello merupakan seri ke-6 dari 7 seri dalam kalender Formula Renault 2.0 Alps musim balap 2014. Di bawah arahan driver coach-nya, Bruno Besson.

Philo mempersiapkan diri dengan berbagai latihan mulai dari fisik, mental dan teknik balapan. Mengingat jeda balapan yang cukup panjang dari seri sebelumnya yang berlangsung di Monza Circuit, Italia pada bulan Juli silam, latihan Philo menghadapi Mugello lebih difokuskan pada kekuatan tubuh terutama tangan leher. Hal demikian mengingat Mugello merupakan sirkuit high-speed. Sehingga membutuhkan kekuatan lebih di leher dan tangan terutama ketika menikung.

Selain itu, Philo juga berlatih di training camp milik Formula Medicine selama lima hari penuh, di bawah arahan Dr. Riccardo Ciccarelli. Setidaknya ada 15 jenis latihan fisik yang dilakukan dari jam 09.30 hingga jam 19.00 setiap harinya. Training camp Formula Medicine tersebut dijalani Philo satu kali dalam sebulan.

Di luar program arahan Formula Medicine, Philo juga berlatih fisik secara mandiri dengan bersepeda, treadmill dan latihan beban ditemani mentornya sejak balapan di gokart yaitu Neil Mckernan. “Saya bersepeda, setidaknya 50 km per hari,” papar Philo.

Mengingat karakter Mugello yang termasuk fast circuit, bagi Philo tidak ada kata lain selain tampil agresif sejak babak kualifikasi. “Saya memang termasuk pebalap agresif, tapi berusaha untuk tetap tidak ceroboh,” ucap Philo.

“Di Mugello kita harus tampil agresif namun presisi, karena salah sedikit saja bisa berakibat fatal di sirkuit ini,” ucapnya lagi.

Philo berharap ia dapat kembali meraih hasil bagus seperti di Sirkuit Pau, Perancis, dan menambah peroleh poinnya di klasemen. Saat ini ia telah mengumpulkan 23 poin dan berada di peringkat 14 dari sekitar 44 pebalap.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi kesialan seperti di seri sebelumnya. Saya kehilangan potensi mendapat poin di 6 balapan sebelumnya, entah itu karena ditabrak pebalap lain atau karena kerusakan mobil,” ujar Philo.

Artinya dari 10 kali balapan yang ia ikuti dalam 5 seri, Philo gagal meraih poin di 6 balapan. Sisanya, empat balapan, Philo Armand selalu finish dengan poin. Pencapaian tertinggi Philo sejauh ini adalah di Sirkuit Pau dengan finish di posisi ke-4.

Musim 2014 ini Philo Paz Armand menjalani balapan di dua kejuaraan yaitu Formula Renault 2.0 Alps dan Formula Renault Eurocup 2.0. Pada kejuaraan pertama Philo berlaga satu musim penuh, sementara di Formula Renault Eurocup, ia hanya turun di 3 seri, mengingat di ajang itu ia tercatat sebagai pebalap wild card alias pebalap undangan. ( AP/RHS )