Home Oto Review SEKILAS : “Smart & Safe Mobility” IIMS 2014

SEKILAS : “Smart & Safe Mobility” IIMS 2014

IMS 1

JAKARTA | Otorai.com – Konsep ini berlatar untutan kepentingan dan jarak tempuh yang semakin tinggi menuntut masyarakat untuk bersikap smart & safe, mengusung mobilitas cerdas, sebuah cara cerdas dalam bertransportasi. Beruntung, saat ini berbagai teknologi pintar telah ditanamkan dalam produk kendaraan, yang dapat membantu mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, melakukan penghematan serta penggunaan bahan bakar yang lebih efesien.

Dari sisi safety, teknologi kendaraan saat ini pun telah dibangun dengan memenuhi standar safety internasional dan tentunya faktor terpenting adalah kesadaran manusia menjalankan safety driving, sebuah konsep atau cara berkendara yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi seorang pengendara maupun kepada pengendara lainnya. Safety driving sendiri juga didukung oleh faktor sarana dan fasilitas dalam berlalu lintas.

Tehnologi Inovatif

Bukan hanya teknologi ramah lingkungan yang terus dikembangkan industri otomotif, kendaraan dengan teknologi safety yang kian disempurnakan juga menjadi fokus para pemain industri ini. Sebut saja dari penggunaan teknologi dual airbag, hingga teknologi safety yang memungkinkan kendaraan memiliki kemampuan memperhitungkan kecepatan dan jarak pengereman untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Sebuah teknologi yang dimaksudkan untuk memberikan keamanan maksimal bagi pengendaranya.

Dengan bertambahnya pengetahuan akan teknologi terkini yang tersedia untuk meningkatkan efisiensi perjalanan telah menggeser preferensi konsumen, yang mulai memilih cara baru dalam berkendara dengan menggunakan kendaraan yang tidak hanya nyaman dan aman dikendarai namun juga ikut mendukung kelangsungan lingkungan yang lebih baik. Sebuah investasi cerdas yang dapat mengubah kehidupan kedepannya

Konektivitas

Kemajuan luar biasa dalam teknologi mulai mengubah hidup manusia sejak beberapa tahun kebelakang, berbagai teknologi digital telah memungkinkan manusia behubungan dengan cepat, dan tidak hanya didunia telekomunikasi, saat ini teknologi mobilitas dengan cepat juga diterapkan didunia otomotif. Industri otomotif telah mengeksplorasi strategi yang memanfaatkan teknologi untuk meminimalkan kemacetan, mengurangi emisi, dan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar, sementara tetap meningkatkan kenyamanan, keamanan dari setiap mobilitas masyarakat.

Sebuah mobilitas yang terkoneksi dan terencana dengan bantuan teknologi akan membantu mewujudkan konsep mobilitas cerdas dan aman. Berbagai mode teknologi ikut ambil bagian dalam strategi pintar ini, mulai dari penggunaan kendaraan berteknologi mutakhir yang mampu membuat sistem transportasi lebih efisien, dari segi penggunaan bahan bakar dan juga rendah emisi. Teknologi kendaraan tidak dapat berdiri sendiri, teknologi digital lainnya juga turut berperan menjadikan perjalanan efisien, memberikan informasi yang akurat real-time dan menyesuaikan perjalanan untuk memenuhi kebutuhan individu. Teknologi sarana dan fasilitas pendukung juga tidak luput dari konektivitas yang harus dibangun, mulai dari jaringan jalan raya, hingga teknologi digital untuk mengumpulkan informasi tentang mengelola fasilitas jalan utama. Dan tentunya hubungan berbagai teknologi pendukung tersebut dengan manusia menjadi sumber penentu utama keberhasilan konektivita

Smart & Safe Mobility IIMS 2014

Tujuan akhir dari “Smart & Safe Mobility” yang menjadi tema IIMS kali ini adalah untuk medorong terbangunnya hubungan antara orang, mobil, dan mobilitas dan menciptakan sebuah masyarakat yang menyadari bahwa strategi mobilitas cerdas dibangun diatas sebuah hubungan terkoneksi antara manusia dengan teknologi, lingkungannya, serta sarana dan fasilitas pendukung.

“Smart & Safe Mobility” adalah sebuah sistem transportasi interkoneksi yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas manusia yang semakin kompleks, dimana saat ini kemajuan teknologi telah memungkinkan solusi cerdas untuk menerapkan efisiensi, mengurangi pemborosan bahan bakar, serta mengurangi emisi gas buang berlebih yang juga memperhitungkan sisi keamanan dan kenyamanan si pengendara dan juga pengguna jalan lainnya.

Lewat tema pilihan IIMS 2014 “Smart & Safe Mobility”, Gaikindo ingin terus berkontribusi memperkenalkan cara cerdas bertransportasi mempergunakan teknologi dan sistem yang terintegrasi yang saling berhubungan dengan infrastruktur kendaraan, yang dengan kesadaran pengendara akan menciptakan mobilitas yang lebih aman, lebih cerdas, dan efisien, pada akhirnya akan mewujudkan lingkungan yang lebih baik, dan nyaman bagi semua pihak (AHR)