Home Oto Event Asuransi Astra Syariah Raih Anugerah Best Syariah 2014

Asuransi Astra Syariah Raih Anugerah Best Syariah 2014

Asuransi Astra

JAKARTA | Otorai.com – Asuransi Astra Syariah mendulang prestasi dengan  mendapatkan penghargaan sebagai Best Syariah 2014 untuk kategori Asuransi Syariah Cabang Asuransi Umum Syariah dengan aset Lebih Dari Rp100 Miliar dalam ajang Investor Best Syariah 2014.  Penghargaan ini diberikan oleh Majalah Investor dan  diterima secara langsung oleh Senior Vice President Sharia Business Asuransi Astra, Tati Febriyanti, di Hotel Le Meridien, Jakarta pada Selasa, 12 Agustus 2014.

Dalam penyelenggaraannya yang ke-9 tahun ini, Investor Best Syariah 2014 memberikan penghargaan kepada 16 institusi keuangan syariah terbaik, 10 produk keuangan syariah terbaik, dan 3 tokoh syariah. Menurut Primus Dorimulu, Direktur Berita Satu Media Holdings, pemeringkatan bisnis dan produk syariah ini melengkapi pemeringkatan yang secara berkala dibuat litbang Majalah Investor, seperti pemeringkatan emiten, bank, asuransi, dll.

Pemberian penghargaan dalam Investor Best Syariah 2014 itu sendiri diberikan berdasar penilaian kinerja keuangan institusi syariah yang sebagian besar mengacu pada penilaian institusi konvensional. Meski begitu, beberapa kriteria disesuaikan dengan parameter syariah.

Untuk saat ini pemeringkatan bank syariah, asuransi syariah, dan multifinance syariah hanya menggunakan penilaian kuantitatif berdasarkan kinerja keuangan. Penilaian kuantitatif tersebut meliputi penilaian risiko sebesar 30%, kemudian penilaian efisiensi & profitabilitas sebesar 25%, penilaian pertumbuhan 20%, penilaian prudentiality sebesar 20%, dan terakhir penilaian CSR sebesar 5%. Porsi penilaian ini diberikan oleh tim juri yang terdiri dari Adiwarman Karim (Presiden Direktur Karim Business Consulting), Dr. Josep Ginting (akademisi),  Iggi Achsien (pengamat pasar modal syariah), dan Adi Pramana (Ketua Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia).

Menurut Tati, penganugerahan ini merupakan pengakuan dari masyarakat terhadap kinerja Asuransi Astra Syariah. “Tentunya kami bersyukur. Tapi lebih dari itu, penghargaan ini adalah amanah dari konsumen agar kami terus bekerja memberikan pelayanana yang aman, adil, dan menenteramkan seperti yang selama ini kami lakukan,” tutupnya setelah menerima penghargaan. (arh)