Home Oto Sport Philo Pembalap Muda Single Seater Indonesia Siap Bawa Harum Nama Bangsa

Philo Pembalap Muda Single Seater Indonesia Siap Bawa Harum Nama Bangsa

Philo

JAKARTA | Otorai.com – Philo Paz Armanda atau yang lebih akrab dipanggil  Phio, pembalap muda kelahiran 12 maret 1996 ini sudah terjun ke dunia balap dari tahun 2006. Ia mengawali karirnya di ajang karting, sejak saat  itu prestasinya mulai bersinar dengan pernah  menjadi juara umum Indonesia Karting Championship di kelas junior, pernah juga dinobatkan sebagai The Best Karter dari Indonesia Karting award, mengusai posisi keempat kejuaraan CIK World Karting KF1 Class di Sujuka, jepang dan posisi pertama Super Pole di Indonesia Kartprix, Sentul.

Phio yang sudah tidak asing lagi dengan dunia balap single – seater akan berkompetisi dalam musim ini di ajang Formula Renault 2.0 Alps dan Eurocup,  kehadirannya di dunia balap Formula Internasional merupakan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia di pentas balap dunia.  Dunia balap single – seater di Indonesia tidaklah seramai jenis balap lain seperti touring maupun reli, hanya beberapa pembalap yang benar – benar menekuni ajang ini hingga jenjang internasional.

” Beberapa tahun belakang ini, terutama sejak A1GP mati suri, pembalap single seater di tanah air seperti tenggelam, regenerasi tidak jalan.  Kehadiran Philo di ajang balap internasional bukan dadakan, selama empat tahun terakhir ia telah merasakan ketatnya persaingan balap di Eropa, baik itu gokart maupun mobil formula. Philo juga tidak sekedar balapan, manajemen sangat serius menyiapkan program agar Philo dapat menjadi pembalap yang mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia, ” tutur Dony Sarwono, manager Phio dari AP Management di Jakarta (18/07/2014)

Dalam menekuni kariernya sebagai pembalap single seater Phio tidak tanggung – tanggung, Ia meninggalkan keluarga serta teman – temannya di tanah air dan tingggal di Italia untuk menjalani musim balapnya di Formula Renault 2.0 Alps dan Eurocup. Phio juga bergabung dengan dengan Tech 1 Racing, tim balap asal Prancis yang telah berhasil menelurkan beberpa pembalap tangguh.

” Saya bangga membawa nama Indonesia di kancah balap single seater dunia. Saya percaya bahwa saya akan lebih kompetitif dan menjadi lawan tangguh bagi rekan – rekan pembalap lainnya di Formula Renault dan jenjang balap Formula lebih tinggi dikemudian hari. saya berharap bisa menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia,” tegas Phio dengan optimis.

Balapan single – seater menuntut fisik dan mental yang berbeda dari olah raga lain.  Itulah sebabnya Philo mengikuti program dari Formula  Medicine, yaitu konsultan untuk melatih fisik dan mental para pembalap formula secara profesional selama lebih dari 20 tahun. Dengan keseriusannya  Philo telah  berda dijalur yang tepat untuk menjadi The Next Indonesia World Racing Driver. (rhs)