Home Mobil Toyota Akan Luncurkan Sedan Berbahan Bakar Hidrogen

Toyota Akan Luncurkan Sedan Berbahan Bakar Hidrogen

Toyota 1

TOKYO | Otorai.com – Toyota Motor Corporation baru – baru ini telah memaparkan desain eksterior dan harga dari sedan fuel cell (FC) hydrogen di  Jepang ( 25/06 ),  Mobil ini  pertama kali diperkenalkan sebagai mobil konsep pada Tokyo Motor Show tahun 2013 lalu. Mobil ini akan diluncurkan di Jepang sebelum April 2015, dan  untuk pasar Amerika Serikat serta Eropa di musim panas 2015.

Hidrogen merupakan bahan bakar alternatif yang sangat menjanjikan dan ramah lingkungan . Hal ini dapat dihasilkan dari berbagai sumber energi primerir termasuk tenaga surya dan tenaga angin. Ketika dikompresi, energy ini memiliki kepadatan yang lebih tinggi dari baterai yang digunakan dalam kendaraan listrik. Selain potensinya sebagai bahan bakar untuk rumah dan penggunaan otomotif, hidrogen dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pembangkit listrik skala besar.

Toyota telah mengembangkan kendaraan fuel cell secara internal selama lebih dari 20 tahun. Sistem fuel cell Toyota termasuk di dalamnya “FC Stack”, yang menghasilkan listrik dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen di sebuah tangki hidrogen bertekanan tinggi. Pada tahun 2002, Toyota mulai penyewaan “FCHV”, sebuah SUV sel bahan bakar, secara terbatas di Jepang dan Amerika Serikat.

Kendaraan fuel cell berkontribusi pada diversifikasi bahan bakar mobil, tidak memancarkan CO2 atau zat-zat berbahaya bagi lingkungan selama beroperasi, dan menawarkan kenyamanan mobil berbahan bakar konvensional. Toyota percaya mobil fuel cell ini memiliki banyak potensi, dan merupakan kendaraan ramah lingkungan yang ideal untuk mendukung mobilisasi masyarakat yang berkelanjutan.

Di Jepang, sedan ini akan dibandrol dengan  harga sekitar 7 Juta Yen (tidak termasuk pajak konsumsi). Awalnya, penjualan akan terbatas pada region-region1 dimana infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen sedang dikembangkan. Sedangkan Harga untuk pasar Amerika Serikat dan Eropa belum diputuskan. Demikian juga untuk  informasi yang lebih terperinci, seperti spesifikasi, harga yang tepat dan target penjualan, akan diumumkan kemudian. (apm/rhs)