Home Mobil Laba Pendapatan Ferrari Terus Meningkat

Laba Pendapatan Ferrari Terus Meningkat

Ferarri

MARANELLO | Otorai.com – Dewan direksi Ferrari mengadakan pertemuan hari ini dipimpin oleh Luca di Montezemolo untuk  membicarakan hasil keuangan perusahaan pada kwartal pertama tahun 2014. ( 16/05 )

Tiga bulan pertama tahun ini menunjukkan peningkatan pada seluruh indikator ekonomi utama, hasil yang sangat berarti mengingat bahwa produksi California akan segera berakhir, sementara belum ada California T baru yang akan dikirim. Keputusan strategis Ferrari untuk mengurangi produksinya dalam rangka mempertahankan eksklusifitas dan nilai residual tinggi kendaraannya diputuskan pada Mei tahun lalu, namun demikian tidak memiliki dampak pada kwartal pertama tahun 2013.

Pendapatan melonjak sebesar 12,5% menjadi 620 juta euro walaupun ada penurunan sebesar 6% pada jumlah mobil yang dikirim: dengan total 1,699, berkurang 100 dibanding tahun lalu. Net laba meningkat sebesar 5% menjadi 57 juta euro, sementara laba jual-beli sama bagusnya dengan tahun lalu sebesar 80 juta euro.

Kwartal pertama tahun 2014 juga menegaskan kemampuan Ferrari untuk menggerakkan aliran dana yang kuat, dengan posisi net keuangan industrial nyaris mencapai satu setengah milyar pada 31 Maret. Angka 1,487 juta tersebut telah mencapai tingkat yang tak terduga dalam sejarah perusahaan dan perkembangannya menunjukkan bahwa nilai tersebut telah berlipat ganda dalam dua tahun terakhir.

Aliran dana tunai net industrial sangat luar biasa, mencapai 129 juta euro pada kwartal pertama tahun ini. ROS (Returns on Sales) Ferrari juga sangat kuat, meningkat sebesar 13% meskipun dengan investasi yang sama pada produk.

Pada rapat direksi hari ini, Ketua Luca di Montezemolo menyatakan, “Kami ingin mempertahankan produksi mobil dalam jajaran kami di bawah 7.000 lagi tahun ini sementara memperkuat hasil ekonomi kami. Target tersebut memiliki tantangan yang lebih besar di antara investasi-investasi penting  yang tengah kami lakukan dalam produk maupun Formula One dengan upaya yang lebih, juga secara keuangan, dibutuhkan  untuk  menjembatani jarak dengan para pesaing kami.” paparnya

Pasar Amerika Serikat terus berkinerja dengan baik dengan permintaan yang tetap tinggi. Faktanya walaupun pengiriman diperketat, tetap ada peningkatan sebesar 8% dengan 494 Ferrari dikirimkan menyeberangi lautan Atlantik begitu pula denganPasar di Timur Tengah yang  terus berkembang pula dan meningkat sebesar 6% dengan 150 pengiriman.

Di Timur Jauh, penjualan seperti  di Jepang hampir dobel dengan pengiriman 128 mobil, 57 lebih banyak dari pada kwartal pertama tahun 2013. China pun memperlihatkan hasil yang positif dengan pengiriman 73 mobil, peningkatan sebesar 4%. Ada harapan yang besar di negeri tersebut sehubungan dengan 458 Speciale: faktanya, jumlah pemesanan di China Besar (Republik Rakyat China, Hong Kong, dan Taiwan) meningkat sebesar 42% pada kwartal pertama tahun ini.

Di Eropa, permintaan tetap tinggi di United Kingdom dengan pengiriman sejumlah 168 mobil (+3%),  mempertahankan posisinya sebagai pasar utama benua tersebut.  Setelah beberapa bulan dengan hasil negatif,  penjualan mulai meningkat kembali di Itali sebanyak 63 mobil telah dikirimkan, peningkatan sebesar 13%. Tetapi, berdasarkan perkiraan tahunan, diharapkan pasar domestik  akan tetap marginal, yang mencakup di bawah 3% dari total pengiriman. Ferrari mencatat sedikit penurunan  permintaan di Jerman dimana 162 mobil telah dikirimkan (kurang sekitar 30 unit dari tahun lalu) sejalan dengan keputusan untuk membatasi jumlah mobil yang dikirimkan kepasar yang lebih mapan dan juga karena berakhirnya produksi California.

Pada kuartal pertama tahun 2014, aktifitas brand kami (licensing, retail, e-commerce) ada kemajuan sebesar 19% dalam pemasukan direct retail dengan e-commerce naik sebesar 10%. Beberapa perjanjian partnership penting baru juga telah ditandatangani pada bulan-bulan awal tahun ini, termasuk satu untuk pembangunan Ferrari Land di Spanyol dan satu lagi dengan perusahaan kacamata kelas dunia, Oakley, untuk produk kacamata, dan sponsorship untuk Scuderia Ferrari.

Ferrari akan terus berkomitmen pada media digital dan akan menciptakan investasi-investasi penting berkaitan dengannya pada tahun 2014. Pada kuartal pertama tahun ini, seluruh situs webnya menikmati penambahan angka ganda, sementara halaman Facebooknya saat ini telah memiliki 16,5 juta penggemar dan channel resmi YouTube-nya telah dilihat sebanyak 40 juta kali. (APM/ARH )